Rabu, 06 Februari 2013

Aplikasi Remote Slide Persentasi Untuk Androit

Kali ini saya akan coba memaparkan sebuah Aplikasi Remote Slide Persentasi untuk Android. Sobat pasti pernah melakukan persentasi di kantor, kampus, atau sekolah kan.? jika sobat memakai Laptop pada saat persentasi, tentu sobat harus secara langsung mengontrol laptop untuk menjalankan slide ( Powerpoint contohnya ). Nahh melalui aplikasi ini sobat hanya perlu menggunakan ponsel Android sobat untuk mengontrol slide persentasi yang ada pada laptop sobat, aplikasi ini memanfaatkan jaringan WIFI. Nama aplikasi ini adalah PowerPoint OpenOffice Remote atau disebut juga dengan Remote PPT ODP.
Berikut sedikit Tutorial menggunakan aplikasi ini :

  • Untuk dapat menggunakan aplikasi remote ini, selain (tentu saja) memasang aplikasi tersebut di Ponsel Android , kita juga perlu memasang aplikasi lagi di dekstop Laptop sobat . Aplikasi desktop itulah yang akan digunakan untuk menjalin koneksi antara Ponsel dengan Laptop. Koneksi yang dilakukan adalah via Wi-Fi. Jadi, Ponsel Android itu sebelumnya perlu kita set agar menjadi portable Wi-Fi hotspot sehingga keberadaan Ponsel tersebut terbaca oleh Laptop sobat.
  1. Aplikasi untuk Ponsel
Download Aplikasi DISINI
Cara menggunakan : masuk dulu di pengaturan (wareles and setting- tethering and portable hotspot centang) agar ponsel dapat terlihat IP nya mesti dijadikan wifi portable dulu.
2. Aplikasi untuk Laptop
Download aplikasi DISINI
Aplikasi ini memerlukan java karena filenya berekstensi .jar . Sesuaikan dengan laptop, Jika memakai WindowsXP maka download untuk XP dan begitu juga untuk yang lainnya.
  • Lalu pada aplikasi desktop, di-set IP address milik Ponsel dan nomor port tempat aplikasi Remote PPT ODP berjalan. Apabila koneksi antar aplikasi sudah terjalin, program akan menjalankan proses screenshot halaman-halaman slide presentasi dan mengeloadnya ke dalam aplikasi pada Ponsel. Setelah itu kita tinggal melakukan navigasi melalui Ponsel (touchscreen) dengan mudah. Cukup touch sekali, slide sudah berganti (next, previous, jump). Bisa juga dengan cara sliding untuk berpindah antar slide (next maupun previous). aplikasi ini bisa digunakan untuk PPT dan ODP, juga bisa untuk PDF.
Namun aplikasi ini juga memiliki kekurangan, Dari sisi waktu aplikasi ini memerlukan waktu untuk proses loading (screenshot + download screenshot) ke Ponsel yang agak lama, bergantung pada jumlah slide. Tapi sesuai kok dengan kemudahan yang diberikan :D
Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi sobat semua, terima kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Nuriel Huedha
Lihat profil lengkapku